Kamis, 27 Juni 2013

Perbandingan Messi dengan Empat Legenda Sepakbola Dunia


Lionel Messi genap berusia 26 tahun, Senin (24/6/13). Sulit untuk menyangkal jika Messi menjelma menjadi pemain terbaik di dunia sekarang ini, bahkan sepanjang sejarah. Untuk mengetahui kehebatan Messi, maka pantas dibandingkan dengan empat pemain legendaris sepak bola dunia saat berusia 26 tahun.

Angelo di Stefano, Pele, Johan Cruyff dan Diego Maradona masuk dalam daftar pemain legendaris yang bisa ditelisik. Bedanya, empat nama ini dianggap sebagai yang terbaik saat kariernya berakhir. Berbeda dengan Messi.

Di Stefano berusia 38 tahun saat mengoleksi 49 gol di kompetisi Eropa. Sedangkan Messi sudah mencetak 59 gol. Di Stefano memenangkan gelar Liga Champions pertama di usia 29 tahun dan meraih empat gelar lainnya di tahun berikutnya. Sedangkan Messi sudah mengoleksi tiga gelar di usia 26 tahun.

Lalu bagaimana perbandingan dengan Pele? Legenda Brazil ini memenangkan gelar kedua dan terakhirnya di Piala Libertadores pada usia 22 tahun. Sedangkan Messi memenangkan Liga Champions pertama di usia 22 dan trofi ketiga di usia 24 tahun. Pele punya kelebihan, sudah mengoleksi tiga trofi Piala Dunia.

Ketiga terbaik adalah Cruyff. Dia memenangkan gelar pemain terbaik untuk ketiga kalinya pada usia 27 tahun. Sedangkan Messi sudah meraih 4 gelar di usia sekarang. Legenda Belanda ini mencetak 60 gol di 180 laga resmi bersama klub dan timnas. Sedangkan musim lalu saja, Messi cetak 72 gol secara keseluruhan.

Keempat adalah Maradona yang memenangkan Piala Dunia 1986. Maradona tak pernah memenangkan trofi Liga Champions. Messi sementara itu sudah melewati rekor golnya di timnas yaitu 35 gol, sedangkan Maradona 34 gol. (M)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar